Jaga Badan & Pikiran, Pola Pikir, Tentang Orang

Capai Akal Budi

Saya gak pernah suka olahraga lari. Apalagi yang di sirkuit. Bosan dan kerasa capeknya gitu. Tapi, jadinya di setiap helaan nafas berasa jadi jauh lebih dekat dengan Sang Pencipta karena seringkali terlintas pertanyaan “apakah Engkau akan memanggil hamba di putaran ketiga?”

Senegatif itu deh pikirannya. Padahal mah kalau sofbol rasanya seharian juga kuat. Nah, kalau disuruh lari tapi gak ada yang dikejar tuh rasanya…pengen ngejar orang yang nyuruh saya lari sih.

Namun, semuanya berubah pada sebulan terakhir ini. Saya melihat olahraga lari dari sisi yang berbeda. Gak cuma meningkatkan kebugaran jasmani, tapi juga meningkatkan akal budi. Dan semuanya gara-gara Pak Budi.

Continue reading

Standard
Tentang Orang

Tentang Papa

Jangan pernah dorong dirimu untuk melakukan hal yang kamu gak bisa. Itu adalah hal yang melelahkan. Pikiran buruk menghantui sepanjang waktu. Apa yang terjadi kalau yang kamu usahakan itu malah gak kejadian? Lebih baik diam di zona nyaman saja, semua hal sudah berjalan seperti biasanya, aman dan tenteram. Mungkin tidak semua orang memiliki zona nyaman, tetapi saya salah satu yang punya.

Continue reading

Standard
Tentang Orang

Tugas Menulis di Sekolah

Waktu SMA dulu, di pelajaran bahasa Inggris, ada tugas untuk menulis tentang idola. Seketika itu banyak nama-nama dan peran bermunculan dalam otak saya, hm, harus nulis yang mana, ya? Lalu saya berpikir, siapa pun itu yang saya tulis dalam tugas ini harusnya adalah idola dari semua idola. Saya sebut ini idola-ception, walaupun saya belum pernah nonton Inception soalnya takut.

Selama setengah jam pelajaran saya berkontemplasi berat dengan kapasitas pengetahuan level anak SMA. Anggaplah saya tidak mencari pengetahuan lain dan menerima saja setiap suapan dari kurikulum yang ada, makanya saya bilang ada levelnya. Saya kilas balik semua pengetahuan yang sudah saya dapat, juga semua berita yang kerap kali muncul di TV dan headline di media massa. Tak tahu kesambet apa, akhirnya saya selesai menuliskan siapa idola saya dan segenap rasionalisasinya dalam bahasa inggris. Iya, dalam bahasa inggris, soalnya lagi pelajaran bahasa inggris.

Continue reading

Standard