film

Kabayan Ngala Nangka

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ini dia film berbahasa Sunda yang dibuat dengan waktu 5 jam selesai. Film ini dibuat untuk memenuhi tugas dari Bu Raflini guru kimia. Eh salah deng. Tugas bahasa sunda dari guru ppl bahasa sunda bapak Elvis Preasley.

Awalnya mau mulai bikin film tuh mulai dari marah-marah. Soalnya tokoh utamanya kabur pas pulang sekolah, udah gitu ga ada cowok di kelompok kami yang mau ngegantiin jadi tokoh utama sebagai Kabayan. Gara-gara itu, niat bikin film musnah. Siti dan saya sudah langsung caw mau pulang. Tapi ga jadi, soalnya Ine ngajakin makan soto di depan sekolah. Pas lagi makan, Yanto taunya muncul dong, setelah tadi ditelfon tak diangkat dan sms tak dijawab, ya, dia muncul! Jadi shooting deh.

Berhubung saya cameraman dan editornya, jadi saya pilih peran yang paling gampang, yaitu narator. Aduh plis, jadi narator juga susah ternyata, soalnya harus pake bahasa sunda. Oh iya, kami pake iPod touch gen 4 buat kamera perekamnya, ternyata hasil gambarnya ya lumayan oke punya tjuy!

Shootingnya mulai dari jam 4 sampai jam 5 lebih. Itupun sudah diusir-usir sama Bu Yatin. Rata-rata buat ngambil satu scene yang perfect (lumayan) cuma 2 kali take. Mengapa? Efisiensi waktu pastinya.

Malamnya saya edit-edit deh pake iMovie. Software ini tuh lengkap banget, lebih bagus dari Movie Maker-nya Windows (menurut saya sih). Kita bisa ngasih efek suara, dan pilihannya suaranya banyak dan beragam. Terus yang paling penting dari software ini yaitu user friendly! Easy user interface jadi buat orang yang pertama kali nyoba software ini ga sampe 10 menitan udah ngerti lah garis besar cara pengoperasiannya.

Setelah selesai diedit, saya burn ke dvd-r. Buat nunggu film ini diproses jadi sebuah film berkualitas HD (katanya sih) tuh setengah jam. Buat nge-burn dvd takes 30 minutes. Lalu, 5 menit lagi sebelum dvd selesai di-burn, saya baru sadar ternyata di bagian credits-nya saya lupa nulis satu nama pemeran! HAHAHAHA. Saya ulang lagi proses 1 jam yang tadi. Eh yang kedua kalinya sih ga sampe 1 jam, 50 menitan lah. Eh ya sama aja ya meren. Eh tapi beda dong. Eh tapi… EH YA UDAH LA YA.

N.B. Ada scene pertama yang saya lirik-lirik ke arah kiri, saya ingin konfirmasi saya tidak membaca teks ya, saya hanya melihat teman saya komat-kamit bagian yang saya lupa teksnya. Sebenarnya saya hafal, tapi deg-degan jadi ya lupa-lupa dikit. Terakhir saya konfirmasi, saya bukan istri dari Raul Lemos.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s